Home » » Satgas Pramuka Peduli

Satgas Pramuka Peduli

Written By wijaya_kusuma on Kamis, 18 April 2013 | 10:01 PM

SOLOK - Ratusan siswa SD Negeri 01 Tanah Garam berlarian keluar dari ruang belajar, menutupi kepala dengan tas menuju tempat yang dirasa aman dari reruntuhan gedung sekolah. Sedangkan sebagian lainnya masih bertahan diruangan dan berlindung dibawah meja belajar masing-masing.

Situasi ini sengaja diciptakan dan merupakan bagian dari skenario sosialisasi dan simulasi gempa bumi yang diselenggarakan oleh Satgas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Solok, pada Sabtu (6/4) kemarin di SD 01 Tanah Garam Kota Solok.
Kegiatan sosialisasi dan simulasi gempa bumi pada sekolah bertingkat yang dilaksanakan oleh Pramuka peduli ini dihadiri oleh Walikota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok, Kepala BPBD, Dinas Sosial Kota Solok, Pengurus dan anggota Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Kota Solok.
Dr. IGM Afridoni Araditha, Sp.A, Katua Satgas Pramuka Peduli mengatakan, Gerakan Pramuka mencoba mengenalkan sejak dini kepada siswa sekolah dasar tentang bencana gempa serta langkah-langkah penyelamatan awal dari bencana gempa tersebut.

Pemahaman lebih dini tentang mitigasi gempa diyakini akan lebih memberikan sentuhan pendidikan, sehingga akan terbangun jiwa waspada dan selalu sensitif dengan lingkungannya.

Kata Dr. Doni, Mitigasi bencana merupakan langkah yang sangat perlu dilakukan sebagai suatu titik tolak utama dari manajemen bencana. Sesuai dengan tujuan utamanya yaitu mengurangi atau meniadakan korban dan kerugian yang mungkin timbul pada saat terjadinya bencana.
Walaikota Solok H. Irzal Ilyas selaku ketua Mejelis Pembimbing Kwarcab Pramuka Kota Solok pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap apa yang telah dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka hari ini, dalam upaya memperkenalkan sejak dini  langkah-langkah yang harus ditempuh apabila terjadinya bencana gempa disekolah. Terlebih saat ini sekolah-sekolah di daerah kita sudah banyak yang dibangun bertingkat. 

Wako Solok menambahkan, kegiatan mitigasi bencana hendaknya merupakan kegiatan yang rutin dan berkelanjutan agar setiap kita semakin terbiasa dan semakin siap secara mental dan emosional.
Bencana datang lebih cepat dari waktu-waktu yang diperkirakan, dan bahkan memiliki intensitas yang lebih besar dari yang diperkirakan semula. Kegiatan sosialisasi dan simulasi gempa bumi yang dikomandoi oleh Satria Arjuna Andalan cabang urusan Pengabdian Masyarakat Kwarcab Kota Solok berlangsung sukses sesuai dengan sasaran yang yang ditetapkan.
Waktu tempuh yang dibutuhkan oleh seluruh para siswa menuju zona aman gempa kurang dari 1 menit. Sebagaimana disampaikan oleh Satria Arjuna, Pramuka Peduli Kwarcab Kota Solok tahun ini telah programkan secara bertahap akan melakukan sosialisasi dan simulasi gempa bumi di sekolah-sekolah bertingkat yang ada di Kota Solok. [Sumber Berita : http://www.wartaandalas.com]
Share this article :

0 komentar:


PASPAMSEL JAYA FANS PAGES

INFORMASI TERPOPULER



 
PASUKAN KHUSUS PRAMUKA SMP NEGERI 6 WESEL - KWARRAN SUBANG KWARCAB SUBANG